Selasa, 12 Januari 2016

PECINTA LAMA ATAU PERUSAK ALAM?

           Oke geng disini bakalan bahas dikit nih mana yang pecinta alam mana yang perusak alam. yang pertama kita bakalan bahas adalah tentang  “My Trip My Adventure”. Sebuah slogan yang sering kita dengar dan tak asing untuk mata kita. Slogan yang biasanya diserukan para petualang ketika sedang menjelajah alam. Sebuah slogan yang tertulis di kaos-kaos yang banyak di jual kios-kios pasar manapun . Slogan yang udah ga se elegan dulu, kenapa? Yaiyalah ga elegan lagi, sekarang para petualang di dominasi sama anak-anak alay yang cuma pengen eksis aja. Nyampah di medsos dan nyampah di alam.
            Bukan lagi rasa syukur dan kagum ketika melihat keagungan alam yang diciptakan Tuhan yang mereka rasakan. Rasa ingin menjadi terkenal dan berapa banyak “love” yang mereka dapatkan di akun instagram. Yakali pamer foto sunset diatas gunung tapi buang sampah seenaknya sepanjang perjalan, buangin botol minum , bungkus mie, putung rokok, dan sampah-sampah kalian yang terlalu banyak itu. Dan kalian masih bisa nulis caption di instagram yang sok bijak dan berisikan tentang keindahan alam? Malu geng maluuu. Kalian ga mikir gimana kalian ngrusak ekosistem hutan? Kalian buang sampah diatas gunung geng, dan diatas gunung itu ga ada petugas kebersihan yang mau nyapuin sampah kalian. Bayangin deh tanah yang rusak gara-gara sampah kalian, terus abis itu pohonnya gabisa menyerap air terus mati terus tanahnya longsor. Belum lagi hewan-hewannya nanti pada kabur dari hutan terus ganggu pemukiman warga. Kan ga lucu kalo gitu geng. Oiya yang gue heran lagi sama para pendaki yang nulis-nulis di pohon. Tulisin kalian ga ada yang peduli, ga penting tulisan kalian. Nulis “Sukijan was here” atau “Sutarno Love Markonah” yaelah ga ada yang peduli tulisan kalian. Kalian selain udah nyakitin pohon nyakitin para jomblo geng. Abis itu belum sama pendaki gunung yang metikin bunga yang ada di hutan. Buat apa kalian petikin bunganya? Buat oleh-oleh pacar? Yaelah beliin aja di toko bunga kali. Atau mau buat kenang-kenangan? Kalo buat kenang-kenangan tinggal itu bunga di foto bisa kali geng. Dan buat para pendaki yang nulis di kertas terus di foto backgroundnya pemandangan atas gunung boleh banget boleh, yang gue sesalin itu kertas tolong bawa balik lagi ya ke bawah. Jangan di tinggal diatas ngotor-ngotorin atas.
          Setelah naik gunung udah ga jaman dan sekarang lagi musim bunga, taman-taman bunga yang lagi mekar-mekar dan indah-indahnya malah jadi korban ke alayan anak-anak gaul yang haus akan foto background bagus. Kaya taman bunga Amarylis di wonosari, bunga yang tumbuh cuma setahun sekali langsung ilang sekejap mata gara-gara diinjek sama anak alay, malah ada yang tiduran diatas bunganya. Badan kalian ga gatel gitu? Buset dah niat banget foto sampe segitunya. Terus setelah kaya gitu apa yang kalian dapet? Foto bagus aja? Kalian ga mikirin gimana nasib bunganya? Plis deh kaka kaka gaull 
            Ayolah kita jadi manusia yang baik, jadi manusia yang peka sama lingkungan. Kita mengagumi alam sekaligus menjaganya. Yang udah terlanjur kotor kita perbaiki pelan-pelan. Kalo bukan kita siapa lagi yang mau peduli? Betapa indahnya alam Indonesia, kalian gamau berbagi sama anak cucu kalian nanti? Yuk guys sadarin diri kalian buat jadi pecinta alam yang bener-bener mencintai alam. Bukan jadi pengaku pecinta alam yang bisanya cuma ngrusak alam.

Gemilang A.P/15321077





Tidak ada komentar:

Posting Komentar